Arsitektur Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitektur-nya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut (karakteristik) sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Dalam sejarah awal computer, komputer berarti computare (menghitung)=Alat hitung. Dan seiring perkemmbangannya computer di definisikan sebagai berikut; Mesin yang dapat memecahkan berbagai masalah bagi manusia dengan memberikaninstruksi-instruksi(digital) kepada mesin itu. Mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya,dan menghasilkan output berupa informasi. Suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi. Suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Pengarang | Akhlis Munazilin |
Institusi | AMIK Ibrahimy Situbondo |
Kategori | Buku Referensi |
Bidang Ilmu | Sains dan Teknologi |
ISBN | 978-602-453-278-9 |
Ukuran | 14×20 cm |
Halaman | xii, 183 hlm |
Harga | Rp. 75.500 |